Kamis, 19 Maret 2015

sembilan rahasia panjang umur orang jepang

Menurut sebuah survey international, rata rata memiliki unsia yang sangast panjang. Penduduk jepang memang memiliki angka lansia yang sangats tinggi, namun anehnya, wlaupun mereka hidup dengan umur yang panjang orang orang jepang tetap terlihat bugar dan sehat. ada apa sebenarnya?
ternyata ini lah rahasia umur panjang orang jepang.
Negara Jepang dikenal sebagai negara yang mempunyai pola hidup sehat. Bahkan melalui beberapa penelitian kesehatan, penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas mereka hanya 3,5% dari total penduduk negara Jepang. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung pun juga lebih rendah.

JIka anda ingin mencontoh kebiasaan bagus orang jepang dalam menerapkan pola hidup sehat, maka inilah beberapaa kebiasaan ala Jepang yang bisa Anda adaptasi agar lebih sehat. Apa saja kebiasaanya? Silahkan simak yang berikut ini : 
1. Sayuran
Sayuran adalah salah satu makanan yan benar benar alami. tentusaja tidak ada rekayasa dalam menu makanan sasyuran. bayam ya bayam, sawi ya sawi, sejauh ini tidak ada tehnologi manusia yang mampu menggantikan sayuran. berbagai jenis vitamin zat yang sangat bagus dan amat sehat untuk tubuh kita. Untuk itu kalau kita mau sehat, maka makan sayur secara cukup. Orang Jepang amat menyukai sayur, dan mereka sering menjadikan sayur sebagai komposisi untuk diet.
2. Membatasi makanan manis
Kebalikan dari kebanyakan orang indonesia, justru Orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan manis  Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi teh hijau atau buah jika ingin mengonsumsi makanan manis. Kebiasaan ini tentu saja sangat berguna untuk membatasi asupan gula di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. dengan sendirinya jika sudah terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut umur juga akan semakin panjang, karena badan sehat.
3. Variasi dalam Konsumsi Karbohidrat
Sebagai orang indonesia, tentu jika tidak makan nasi kita terasa belum "nendang". sebaliknya masyarakat  Jepang tidak makan nasi 3x sehari. kita semua kandungan terpenting dasri nasi adalah karbohidrat. konsumsi karbohidrat amatlah variatif. Sebagian besar orang Jepang punya cukup banyak pilihan karbohidrat selain nasi, di antaranya udon (mie dari beras), soba (mie dari buckle wheat), dan sereal. Hal ini membantu mereka agar kadar karbohidrat dalam tubuh mereka tidak berlebihan.
4. Konsumsi rumput laut
JIka di indonesia rumput laut ya lebih banyak digunkan untuk es rumput laut. tahukan kamu jika Rumput laut tinggi akan zat antioksidan di dalamnya serta mampu menyerap lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi rumput laut cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. jika berat badan tidak berlebihan ini erat hubungan dengan tubuh yang sehat.
5. Minum teh hijau
jika di indoneisa kopi lebih membudaya dari pada teh, itu sebaliknya di jepang, teh lah yang paling membudidaya disana, terutama teh hijau. Salah satu budaya Jepang yang kerap kita lihat adalah minum teh, terutama teh hijau. Teh hijau termasuk asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, sebab teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

6. Perbanyak makan ikan
Jepang dikenal sebagi pengkonsumsi ikan terbesar didunia, bahkan di jepang ada tradisi bereburu ikna paus, padahal tradisi ini di kecam di seluruh dunia. Ikan adalah sumber makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung. Orang Jepang sendiri mengonsumsi ikan sekitar 80-100 gram setiap hari.
7. Perbanyak jalan kaki
Salah satu manfaat jalan kaki adalah bebas macet. namn tahukah anda, Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dilakukan. Walaupun begitu jalan kaki mempunyai efek yang besar untuk kesehatan tubuh. Itulah sebabnya kebanyakan orang Jepang lebih memilih jalan kaki atau naik sepeda untuk kantor atau pergi bekerja. jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampoi, ya gak macet ya hidup sehat.
berusaha menyempatkan waktu untuk beristirahat. 8. Makan tahu
Kalau yang ini Indonesia banget. ya, Tahu adalah makan yang sudah umum di indoneisa, tahukan anda tyernyata mangkonsumsi tahu itu mampu membuat panjang umur. Perempuan Jepang sangat sedikit yang menderita penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena mereka banyak mengonsumsi tahu. Tahu mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk kesehatan hormon wanita dan menghindarkan mereka dari penyakit osteoporosis saat mereka memasuki masa menopause.
9. Konsumsi ‘bakteri’
Kal;o yang ini mnungkin agak aneh, namun tahukah anda jika ternyataBakteri ada yang memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan Anda. Salah satunya yang paling mudah ditemui adalah bakteri yang ada di dalam yogurt dan acar. Bakteri ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan memelihara kesehatan usus Anda.

itulah 9 rahasia hidup panjang umnur orang jepang, so mungkin kita bisa menerapkanya sehari hari supaya kita bisa hidup sehat dan bebas penyakit yang dengan demikian kita bisa lebih awet mudah sehat dan bahagia.
salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar