Senin, 30 Juni 2014

Pohon putih di gunung ijen

Jika kebetulan anda sedang dibanyuwangi, anda akan Ada pemandangan tak biasa, pada 400 meter sebelum mencapai puncak Gunung Ijen di Banyuwangi. Di sekitar kanan kiri jalan, anda akan melihat pohon dengan batang berwarna putih tanpa daun yang terlihat cantik. Ini adalah pohon putih yang unik yang ada di gunung ijen.
" yang unik di Gunung Ijen, adalah pohon putih yang ada di dekat puncak gunungnya," ujar Bagian Lapangan dari Dinas Pariwisata Banyuwangi, Sofyan
Tidak hanya satu, tapi banyak. Pohon-pohon itu terlihat putih dari batang dan rantingnya. Uniknya lagi, pohon putih ini tidak memiliki daun layaknya pohon yang sedang menggugurkan daunnya.

Para Wisatawan yang sedang mendaki Gunung Ijen pasti dibuat takjub dengan pemandangan pohon-pohon putih ini. Sofyan lalu menjelaskan tentang lanjut asal mula pohon putih.
"Sebetulnya pohon putih ini adalah pohon asam yang mati karena terbakar matahari. Batang-batangnya memanf mengelupas akan tetapi yang gosong karena terbakar matahari hanya di bagian bawah. Sisanya tidak terlihat gosong sama sekali," ungkap pria yang sudah sering mendaki Gunung Ijen ini.
Masih menurutSofyan, proses terjadinya pohon asam yang mati karena terbakar cahaya matahari yang panas memang terjadi secara alami. Biasanya peristiwa tersebut terjadi saat bulan Juni sampai September.
"Kelihatannya tidak terbakar, tapi aslinya pohon itu terbakar," tutur sofyan.
Nah, apakah anda berminat melihat pohon unik ini di gunung ijen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar