Kamis, 10 Juli 2014

Kenapa jarum jam bergerak kekanan?

Apakah anda pernah memperhatikan jarum jam? Dan apakah anda sadar ada keanehan dari jam tersebut? Memang jika kita perhatikan tidak ada yang aneh pada jam. Tapi taukah anda kenapa semua jarum jam itu bergerak kearah kanan?. Mungkin jarum jam yang bergerak kekanan tidak terlalu aneh, tapi apakah tidak pernah terbasit pertanyaan, kenapa ya jarum jam bergerak kekanan, bukan kekiri?
memang hal ini  nampak sepele, namun ternyata jarum jam yang bergerak kekanan itu ada sejarahnya lo.
sebelum jam ditemukan,  beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda. Dan salah satunya adalah Mesir. Bangsa mesir adalah  salah satu bangsa tertua di dunia, mesir  merupakan salah satu bangsa yang pada waktu itu sudah bisa mengamati waktu dengan
memanfaatkan pergerakan matahari . Mereka membuat jam basar yang berupa sebuah tugu yang disebut
obeliks, dan ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak, dan dimulai dari sanalah mereka mengukur waktu. DiKarenakan  matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak, maka bayangan tugu obeliks pun bergerak ke arah kanan.
Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak ke kanan, itulah sebabnya jarum jam bergerak kearah kanan.  Mungkin seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan maka kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri.
Itulah rahasia dibalik arah jarum jam kekanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar